Support System Marketing Online

Wednesday, October 21, 2009

Metode Jetting untuk Instalasi Kabel

Di lingkungan kita sering dijumpai kegiatan di sepanjang pinggiran jalan, di sana-sini kita bisa amati untuk pemasangan / penggelaran kabel sebagai penambahan jaringan komunikasi dari satu atau beberapa operator baik telekomunikasi maupun Listrik.

Instalasi kabel di sepanjang jalan kebanyakan masih menggunakan teknik konvensional alias menggunakan banyak tenaga orang dalam menarik atau mendorong kabel dari Man hole satu ke man hole yang lainnya.
Dari yang pernah saya amati di lapangan memang untuk saat ini masih sangat efektif karena pekerjaan tersebut akan banyak tenaga kerja yang terserap, namun jika semakin lama Indonesia menjadi negara maju dan orang-orang sudah memiliki taraf hidup yang lebih baik mungkin akan enggan bekerja dengan harus berbaur air berlumpur dalam waktu yang cukup lama untuk dorong tarik kabel dari setiap man hole. Mungkin suatu saat atau bahkan sekarang kita bisa menggunakan teknologi lebih maju dan kita bisa pakai teknologi dengan system yang lebih hemat biaya dan waktu pengerjaan cepat.

Coba perhatikan bagan berikut. Ada sebuah compressor yang menyuplai udara bertekanan dengan kemampuan hingga 12 bar, mesin pneumatic yang diberi tekanan udara hingga 12 bar dari kompressor, kabel dalam drum yang akan di gelar ke dalam subduct dengan jarak tertentu dan untuk membantu meringankan dorongan kabel dalam subduct dari mesin penumatic tersebut pada subduct diberi juga aliran udara bertekanan sehingga seolah-oleh kabel di dalam subduct tersebut melayang. Dengan cara tersebut memudahkan kabel untuk di dorong. Dari yang saya amati di lapangan untuk menempuh jarak 200 meter hanya dibutuhkan waktu kurang dari lima menit kabel telah sampai pada ujung satunya.

Ini teknologi dari sebuah perusahaan Swiss, Plumettaz namanya.

Mungkin dari bagan tersebut kita bisa memperkirakan mudah dan sederhana, tapi kenapa tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya, untuk bisa membuat dan melakukan dengan menggunakan teknologi tersebut.

Yang saya amati di lapangan teknik semacam itu sudah dilakukan namun hanya dipergunakan untuk mengelar tali yang digunakan untuk menarik kabel yang akan digelar dengan bantuan knalpot dari truk bukannya sebuah kompressor, kita bisa bayangkan terdapat dua kali kerja (dorong tali untuk tarik kabel utama dan tarikan kabel utama) yang seharusnya bisa dilakukan dalam sekali saja dorong kabel utama. kita bisa hemat biaya dan waktu dalam pengerjaannya, memang investasi pertama mungkin terasa besar tapi kalo project tersebut secara kontinue akan lain ceritannya.

Dengan teknik tersebut kita bisa pergunakan untuk menggelar kabel dengan beberapa kilometer dalam sekali pekerjaan, itu bisa dilakukan dengan couple beberapa alat tersebut di man hole berikutnya.


Sangat efektif dan efisien bukan? kita bisa menghemat biaya dan waktu.

No comments:

Post a Comment

Your Ad Here Paid2YouTube.com The Free Improve Alexa Ranking System And Free Traffic Exchange System