Support System Marketing Online

Sunday, October 18, 2009

Optical Wireless

Selama ini kita hanya mendapati pemakaian kabel Fiber Optic, kabel konvensional dan gelombang radio saja sebagai media transmisi dalam komunikasi suara maupun data.
Kita menyadari memang pemakaian media tersebut kadang kala sering tersandung oleh beberapa perijinan seperti penggalian tanah yang susah/mahal karena di daerah perkotaan yang padat oleh bangunan dan juga kesulitan untuk ijin penggunaan frequensi jika menggunakan radio.
Namun ada satu solusi yang bisa kita pakai memang tidak mutlak bisa menggantikan media tersebut.
Cara tersebut adalah dengan menggunakan Optical Wireless dari LightPointe di San Diego, dimana kita dapat menggunakan media laser melalui media udara dengan teknik redundancy. Berbeda dengan kabel fiber optic, dimana laser melalui media fiber dalam transmisinya. Metode Optical Wireless tersebut sangat efektif dalam hal instalasi dan biaya jika kita gunakan di daerah perkotaan dengan gedung-gedung bertingkat dan sudah tertata rapi dan teratur tata kotanya.
Dengan Optical Wireless kita bisa mengirimkan data/video atau suara dengan bandwide dari 100Mbps hingga 1,25Gbps, tergantung applikasi yang dipakai. Namun metode tesebut tetap ada kelemahan yaitu pada jarak tempuh yang terbatas karena pengaruh oleh kabut/asap dan intensitas hujan. Jarak maximum adalah 5 Km dengan cuaca cerah dan lurus tidak terhalang. untuk kondisi di Indonesia, jarak optimal sekitar 2 - 3 Km.
Jarak tersebut untuk wilayah perkotaan sangat cukup dan akan mampu menghemat biaya yang dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment

Your Ad Here Paid2YouTube.com The Free Improve Alexa Ranking System And Free Traffic Exchange System