Support System Marketing Online

Saturday, October 31, 2009

Metode atau Tip untuk Mengatasi Stress

Stress … Istilah yang sering kita dengar apalagi di kota metropolitan seperti Jakarta. Manusia akan selalu dihinggapi penyakit atau keadaan stress dalam menghadapi kehidupannya, baik dalam lingkungan pekerjaan maupun tempat tinggalnya, tergantung bagaimana menyikapinya.
Anda sebetulnya dapat mengontrol atau mengendalikan stress pada diri anda sendiri. Pekerjaan merupakan salah satu hal yang sering menimbulkan stress. Salah satu solusinya dengan cara atur waktu kerja anda sebaik mungkin. Perencanaan waktu yang tepat dan baik sangat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda tepat pada waktunya.
  • Perencanaan yang baik dan tepat. Putuskan apa yang harus dikerjaakan terlebih dahulu.
  • Aturlah apa yang harus anda kerjakan sesuaikan dengan tingkat kepentingannya. (sangat penting, kurang penting, dan tidak penting). Kerjakan yang sangat penting terlebih dahulu dan ikuti jadwal yang sudah anda buat.
  • Selesaikan pekerjaan yang sedang berjalan sebelum memulai pekerjaan/tugas baru atau yang lainnya.
  • Usahakan pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya, jangan mengulur waktu, jika memungkinkan pekerjaan dapat terselesaikan pada waktu yang lebih singkat.
Selain pekerjaan yang dapat menimbulkan stress dalam membuat atau mengambil keputusan dapat juga menimbulkan stress pada diri kita. Sering kali kita dalam membuat keputusan selalu bimbang dan ragu hingga menimbulkan stress, takut keputusan kita tidak sesuai, merugikan atau menimbulkan kesalahan.
Metode-metode atau langkah-langkah mengatasi strees saat kita akan mengambil keputusan:
  • Pikirkanlah hal-hal penting yang mungkin dapat mempengaruhi atau mengganggu keputusan anda.
  • Pertimbangkan dengan seksama kelebihan dan kekurangan dari faktor-faktor yang diambil untuk membuat keputusan tersebut.
  • Pikirkan secara logis berdasarkan kenyataan, jangan terlalu dipengaruhi perasaan.
  • Pikirkan dengan tenang.
  • Jangan takut untuk bertanya atau berkonsultasi bila perlu.
  • Diskusikan segala sesuatu dengan semua pihak yang bersangkutan supaya semua pihak mengerti dengan jelas, mengapa keputusan tersebut diambil dan agar keputusan tersebut mempunyai rasa tanggung jawab bersama.
  • Belajar dari pengalaman.
Semoga metode-metode atau tip-tip di atas akan sangat membantu kita dalam menghindari dari stress dalam melakukan pekerjaan dan mengambil keputusan baik di lingkungan kerja maupun rumah tangga.

2 comments:

  1. Stress kadang kala muncul karena tekanan atau tidak sesuainya harapan dengan kenyataan...
    Cara menguranginya adalah dengan bertawakal dan menyerahkan sepenuhnya kepada ketetapan tuhan..kita hanya bisa berusaha.
    Nice post sob.

    ReplyDelete
  2. benar sekali teman ... apalagi di jaman sekarang .. kelihatannya iman seseorang sudah mulai pudar ...sehingga stress mudah hinggap ...thank atas masukannya

    ReplyDelete

Your Ad Here Paid2YouTube.com The Free Improve Alexa Ranking System And Free Traffic Exchange System